Fitur – Fitur Mendasar Software Manajemen Inventori

10 April 2022
inventori
Fitur – Fitur Mendasar Software Manajemen Inventori

Penggunaan teknologi, terutama produk software, dalam profesi yang berbeda semakin populer seiring berjalannya waktu. Industri modern juga memanfaatkan teknologi informasi untuk mendapatkan hasil optimal dalam perspektif bisnis. Saat ini, berbagai perusahaan menggunakan produk perangkat lunak, salah satunya Software manajemen inventori.

Software manajemen inventori berguna untuk melacak tingkat persediaan, pesanan, penjualan, dan pengiriman produk mereka. Dengan mengawasi inventori perusahaan saat ini, sistem software ini membantu perusahaan untuk menghindari kelebihan dan kehabisan stok.

Fitur Software Manajemen Inventori

Masing-masing sistem software manajemen inventori memiliki beberapa fitur utama yang membuatnya menjadi kebutuhan vital industri. Berikut ini merupakan beberapa fitur dari software manajemen inventory:

  • Manajemen Order membantu perusahaan dalam melacak inventori dengan memberikan notifikasi ke manajer bila stok berkurang sehingga manajer bias menghubungi supplier untuk menambah stok.

  • Manajemen Servis dalam sistem software manajemen inventori menguntungkan perusahaan-perusahaan yang berorientasi servis. Pengguna dapat menggunakan sistem ini untuk mengelola dan menentukan biaya kebutuhan yang digunakan untuk memberikan layanan kepada pelanggan.

  • Asset Tracking membantu perusahaan dalam melacak produk mereka di gudang atau toko perusahaan melalui barcode atau nomor seri produk.

  • Inventory Optimization membantu memberikan prediksi permintaan secara otomatis untuk mencapai metrik optimasi inventori termasuk reorder point (titik ambang jumlah unit yang memicu pesanan pengisian ulang), jumlah pesanan (jumlah unit dalam persediaan yang harus dicatat), permintaan utama (lead time) penjualan unit), stock cover (jumlah hari sebelum persediaan habis), dan ketepatan dari perkiraan.

Dengan melacak tingkat persediaan, penjualan, pesanan, dan pengiriman, solusi ini menjamin pengalaman pelanggan yang baik, membantu meningkatkan penjualan, dan membutuhkan modal yang lebih sedikit untuk persediaan. Tapi tidak semua sistem manajemen persediaan diciptakan sama. Beberapa mencakup kemampuan perencanaan dan peramalan tingkat lanjut, sementara yang lain lebih mendasar.

Idealnya, solusi manajemen persediaan Anda akan memberi Anda kontrol cerdas atas pengadaan ulang persediaan (restock), membantu memastikan bahwa Anda memiliki cukup persediaan untuk memenuhi pesanan yang diantisipasi sambil menjaga kelebihan stok seminimal mungkin. Berikut adalah tiga fitur yang harus ada dalam daftar yang harus dimiliki perusahaan Anda untuk solusi manajemen persediaan baru:

Mengelola persediaan di gudang atau pusat distribusi (DC)

Mengelola persediaan di gudang atau pusat distribusi (DC) lebih dari sekadar memposisikan barang di mana para pekerja dapat dengan mudah menemukan, mengambil, dan mengemasnya untuk dikirim. Fungsi manajemen ini juga membutuhkan tinjauan ke masa depan tentang apa yang diinginkan (atau tidak) oleh pelanggan, kapan mereka menginginkannya, dan ke mana harus dikirim.

Untuk memaksimalkan produktivitas sekaligus menghemat uang dan waktu, cari solusi manajemen persediaan yang menggabungkan perencanaan permintaan real-time. Dengan menggunakan perkiraan dan data historis, fungsi ini membantu perusahaan secara akurat memprediksi permintaan untuk barang tertentu pada titik tertentu dalam rantai pasokan.

Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan tingkat stok yang lebih baik, manajemen jaringan distribusi yang lebih efektif, aktivitas pergudangan yang dioptimalkan, lebih sedikit kebutuhan akan stok pengaman yang mahal, dan pengambilan keputusan yang lebih tepat di seluruh rantai pasokan.

Alat analisis data tingkat lanjut

Alat analisis data tingkat lanjut. Manajemen persediaan yang baik tidak terjadi dalam ruang hampa. Dengan menggunakan alat analisis data eksternal, perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan analitik prediktif dan berkolaborasi analitik untuk membuat perkiraan yang lebih akurat dan keputusan yang lebih baik.

Dengan 66 persen pemimpin rantai pasokan mengatakan bahwa analitik rantai pasokan tingkat canggih akan “sangat penting” untuk operasi mereka selama dua hingga tiga tahun ke depan, analitik sangat penting dalam membantu perusahaan meningkatkan akurasi perkiraan, mengoptimalkan kinerja transportasi, meningkatkan pelacakan dan penelusuran produk, dan menganalisis hasil pengembalian.

Ketika analisis data dan manajemen persediaan bergabung, hasil akhirnya adalah rantai pasokan yang ramping dan efisien yang membantu perusahaan menjaga agar rak mereka tetap penuh, tetapi tidak terlalu banyak menimbun kelebihan stok. Tingkat persediaan dapat dioptimalkan untuk semua pemangku kepentingan di seluruh rantai pasokan, mulai dari bahan mentah hingga barang jadi dan semua titik di antaranya.

Kemenangan penting lainnya termasuk pengurangan biaya persediaan, tingkat visibilitas yang lebih tinggi, dan arus kas yang lebih baik (yaitu, dengan mengurangi jumlah modal kerja yang diinvestasikan dalam persediaan). Manajemen persediaan prediktif juga diterjemahkan ke dalam rantai pasokan yang lebih ramping dan efisien di mana tingkat perputaran persediaan tinggi, produktivitas operasional ditingkatkan, dan memprediksi kebutuhan persediaan di seluruh fasilitas dan/atau pelanggan menjadi mudah.

Data dan pelaporan yang mendekati dan real-time.

Data dan pelaporan yang mendekati dan real-time Hari-hari ketika manajer gudang harus menunggu hingga akhir kuartal, bulan atau bahkan hari untuk mendapatkan data dan laporan yang sangat penting sudah lama berlalu. Saat sistem manajemen persediaan Anda menghasilkan data yang mendekati atau real-time, Anda akan dapat menjalankan laporan berdasarkan informasi terbaru—bukan dari sebulan yang lalu atau kuartal terakhir.

Akses langsung ke data ini membantu membuat keputusan maupun strategi bisnis yang lebih baik di dalam lingkungan di mana perkiraan dan permintaan dapat benar-benar berubah dari menit ke menit. Dengan informasi terkini yang tersedia setiap saat, manajer gudang dan pusat distribusi dapat beroperasi lebih efisien, membuat keputusan yang lebih baik, dan membantu perusahaan mereka menjadi lebih menguntungkan.

Hal ini sangat penting bagi perusahaan dengan banyak lokasi atau yang mengelola banyak gudang dan pusat distribusi (DC) yang berbeda. Dengan menggunakan laporan dan analitik, perusahaan dapat mengukur seberapa baik kinerja mereka, ke mana tujuan mereka, dan apa yang perlu mereka lakukan secara berbeda di masa depan.

Saat memilih solusi manajemen persediaan, temukan solusi yang menawarkan data real-time, pelaporan, dan dasbor ramah pengguna serta mudah digunakan yang memberikan data tersebut ke tangan manajer tepat saat itu terjadi. Penting juga agar laporan dan alat analitik ini mudah diakses dan tidak memerlukan keahlian statistik untuk dibaca, dipahami, dan digunakan.

Fitur – fitur pendukung sangat dibutuhkan didalam menunjang sitem bisnis anda. Dan jika anda membutuhkan jasa untuk pembuatan software. Kunjungi situs alifa.id, kami melayani jasa pembuatan software untuk kebutuhan bisnis anda seperti ERP, inventori, Ecommerce, Bill of Material, dan lainnya yang terintegrasi dan berkualitas, dan sustainable.

Subscribe to our newsletter!
Dapatkan Info pembaruan produk, promo, berita terbaru, Newsletter kami seminggu sekali,